ujVb0Ws-FOUpdyet0eHzKaLuVfw HAMBALI ABDULLAH: DOA KETIKA KEHILANGAN BARANG

Friday 28 November 2014

DOA KETIKA KEHILANGAN BARANG

Doa Ketika Kehilangan BarangBarang hilang padahal penting banget buat kita, tentu sangat menjengkelkan. Mungkin kunci motor, kacamata, telepon genggam, atau perabotan rumah tangga. Bisa jadi karena terjatuh, lupa di mana meletakkannya, atau lupa  kalau barang yang dicari masih dipinjam tetangga. Mungkin juga karena keteledoran kita. Dicari juga tidak ketemu-ketemu.

Usaha untuk menemukan  barang  yang hilang harus tetap dilakukan sebagai ikhtiar. Sementara hasil pencariannya mesti diserahkan kepada Allah. Tugas mereka hanya berusaha. Di samping itu Rasulullah mengajarkan doa yang perlu dibaca saat kehilangan suatu barang. Doa jika kita kehilangan barang berharga.

Berikut doanya yang ditulis oleh Sayid Utsman bin Yahya dalam karyanya, Maslakul Akhyar fil Ad‘iyah wal Adzkar.

اللّهُمَّ يَا جَامِعَ النَّاسِ لِيَوْمٍ لَا رَيْبَ فِيْهِ اِجْمَعْ بَيْنِي وَبَيْنَ ضَالَّتِي فِي خَيْرٍ وَعَافِيَةٍ

Artinya:
 Hai Tuhanku, Hai Zat Yang mengumpulkan sekalian orang di hari yang tiada syaknya lagi padanya. Kumpulkanlah kiranya antara aku dan barangku yang hilang, kumpulkan dengan kebajikan dan ‘afiyah.

Semoga doa kehilangan barang ini bermanfaat. Sekurangnya mengurangi kepenatan pencarian atau membantu tumbuhnya keikhlasan terhadap barang yang belum diketemukan. Amin

No comments:

Post a Comment