ujVb0Ws-FOUpdyet0eHzKaLuVfw HAMBALI ABDULLAH: ASTAGHFIRULLAHALAZIM (Maksud Istighfar)

Friday 28 September 2012

ASTAGHFIRULLAHALAZIM (Maksud Istighfar)

Keampunan Allah Tersedia Luas kepada Hamba-Nya yang Ingin Kembali Bertaubat 

 





“Barang siapa memperbanyak istighfar, maka akan diberi kelapangan dalam setiap kesusahan dan jalan keluar dari kesempitan. Dan dianugerahi rezeki dari jalan yang tiada disangka-sangka.” (HR. Abu Dawud dan Nasa’i).

“Sungguh hatiku didera kerinduan yang sangat dalam, sehingga aku
beristighfar seratus kali setiap hari.” (HR. Muslim).


“Meski dosa-dosamu sebanyak buih lautan, sebanyak butir pasir di padang pasir, sebanyak daun di seluruh pepohonan, atau seluruh bialangan jagad semesta, Allah SWT tetap akan selalu mengampuni, bila engkau mengucapkan doa sebanyak tiga kali sebelum engkau tidurAstaghfirullahal ‘Adzim al-Ladzii Laailaaha Illa Huwal Hayyul Qayyuumu wa Atuubu Ilaih. 
(Aku memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung, tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Memelihara (kehidupan), dan aku bertobat kepada-Nya).” (HR. at-Tirmidzi). 


Terjemahan Istighfar: “Aku mohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung”


Yang pertama, setiap kali kita mengucapkan astagfirullahal ‘adzim, berarti kita minta ampun kepada Allah, minta dimaafkan kesalahan kita, minta ditutupi aib-aib kita. Semakin sering kita beristighfar maka semakin bersih diri kita dari dosa, dari kesalahan, dari aib-aib. Karena itu Allah sangat menyukai hamba Allah yang terus beristighfar. Karena tidak satu pun di antara kita yang bersih dari dosa, maka istighfar adalah kewajiban dan keperluan kita, agar Allah mengampuni dosa kita, memaafkan kesalahan kita dan menutupi aib kita.



Yang kedua, setiap kali kita mengucapkan astagfirullahal ‘adzim, bererti kita minta kepada Allah, mohon kepada Allah, amat sangat, agar Allah memperbaiki hidup kita, menguatkan aqidah kita, membuat kita nikmat dalam ibadah khusyuk, menjadikan akhlaq kita mulia.



Justru pembelaan Nabi Muhammad SAW itulah yang memberikan kewenangan padanya, syafa’at besar yang bisa menyelamatkan umat dari siksa Allah SAW. Oleh sebab itu, Islam mengajarkan agar dalam permohonan ampunan, juga menyertakan permohonan ampunan untuk sesama umat. Misalnya, Istighfar yang berbunyi:

Astaghfurullahal ‘adzim, lii waliwaalidayya, walijami’il huquuqi waajibati ‘alayya, walijami’il muslimin wal-muslimaat wal-mu’minin wal mu’minaat al-ahyaa’I minhum wal-amwaat.
(Aku mohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung, bagiku dan bagi kedua orang tuaku, dan bagi seluruh orang yang menjadi tanggungan kewajibanku, dan bagi umat muslimin dan muslimat, dan kaum mu’minin dan mu’minat).



Astagfirullahal ‘adzim, ampunilah dosa kami ya Allah.. tutupi aib kami…. betapa selama ini kami mudah tergelincir dalam dosa namun tak bersegera memohon ampun kepada-Mu. Amin!

17 comments:

  1. Alhamdulillah. udah dapat istigfar yg lengkap

    ReplyDelete
  2. terima kasih
    perkongsian yg sangat bermakna

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah..terima kasih ..moga Allah ampuni dosa dosa saya.. dapat masuk ke syurga..dan dipermudahkan akhirat hidup saya

    ReplyDelete
  4. Allhamdulilah sy beristigfar stiap hari

    ReplyDelete
  5. Maaf ya saya gak mau pinjam uang ! Hentikan pengiriman pesan ! Saya jadi risih membacanya ! Sehari pesan datang dari 10 kali ! Kalau mau pinjam lebih baik di bank saja ! Sorry ya !

    ReplyDelete
  6. Maaf ya saya gak mau pinjam uang ! Hentikan pengiriman pesan ! Saya jadi risih membacanya ! Sehari pesan datang dari 10 kali ! Kalau mau pinjam lebih baik di bank saja ! Sorry ya !

    ReplyDelete
  7. Alhamdulilah.. terima kasih untuk perkongsian ini..

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah sehari sebanyak mungkin istighfar yg cba sy amal kn..setiap saat jika blh lafaz lah istighfar dlm hati..InsyaALLAH dpt rsa ketenangan hati walau pun diri msih jahil..

    ReplyDelete
  9. اَلْحَمْدُلِلّهِ

    ReplyDelete
  10. Ya Allah lindungilah selalu hambamu ini

    ReplyDelete
  11. alhamdulilah... ya Allah ampunkn lah semau salah dan dosa2 ku. pimpinlh aq bimbinglh aq ya Allah. kasihani lah aq

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillahh..ya Allah..aku mohon keampunan dari mu sesungguhnye..tunjuk kanlah jln yg lurus yg ko redhoi... semoga aku menjadi org yg baik²..

    ReplyDelete
  13. Terima kasih segala penjelasan ini..Mohon dihalalkan perkongsian ini buat saya.

    ReplyDelete
  14. Terima kasih atas perkongsian. Harap diizinkan utk saya share dengan insan lain... Moga pahala berterusan untuk tulisan tuan

    ReplyDelete
  15. Alhamdullilah .. terima kasih, mohon izin untuk share .. Tksh

    ReplyDelete
  16. minta izin share bila bila.. trima kasih

    ReplyDelete